Pengertian Notasi Angka dalam Bermusik Bagi Pemula

Pengertian Notasi Angka dalam Bermusik Bagi Pemula

Memainkan alat musik tentu tidak terlepas dari adanya nada-nada yang dituliskan dalam sebuah notasi. Musik yang merdu dan enak didengar disusun oleh rangkaian nada-nada yang dimainkan menggunakan suatu media berupa alat musik. Nada-nada ini dapat dituliskan dalam notasi balok maupun notasi angka untuk memudahkan musisi dalam memainkan alat musiknya. Bagi pemula, jenis notasi angka biasanya dirasa lebih mudah dan cepat dimengerti dibandingkan dengan jenis notasi balok.

Pengertian Notasi Angka dalam Bermusik Bagi Pemula

Pengertian Notasi Angka dalam Bermusik Beserta Simbol-Simbolnya

Notasi angka merupakan suatu cara penulisan nada-nada menggunakan simbol berupa angka. Pada notasi angka digunakan 7 angka yaitu 1, 2, 3, 4, , 6 dan 7. Masing-masing angka terebut dibaca sebagai do, re, mi, fa, sol, la, si. Notasi angka ini ditemukan pertama kali oleh seorang ahli musik bernama Guido D’Arezzo yang berasal dari Prancis. Penemuan ini kemudian dipergunakan oleh musisi di seluruh dunia untuk menuliskan notasi-notasi nada lagu.

Selain notasi angka tadi, ada pula beberapa tanda-tanda yang digunakan dalam kaidah penulisan notasi angka dalam bermusik. Tanda-tanda ini akan mempermudah pemain musik untuk dapat memanikan lagu dengan benar. Beberapa tanda tersebut adalah :

  • Tanda titik

Pada penulisan not angka, tanda titik ini memiliki beberapa makna yang berbeda tergantung penempatannya. Tanda titik bisa menunjukkan tinggi atau rendahnya nada apabila diletakkan di bagian atas atupun bawah dari not angka. Titik di bawah not angka berarti nada rendah dan titik di atas not angka berarti nada tinggi. Titik juga bisa berarti tanda jumlah/panjang ketukan apabila diletakkan setelah not angka. Satu titik berarti satu ketukan yang memberikan jeda antara nada sebelum dan nada sesudahnya.

  • Garis Tegak

Garis tegak di dalam pengertian notasi angka dalam bermusik berfungsi sebagai batas birama. Garis ini bisa digunakan untuk memisahkan berbagai macam birama seperti 4/4, ¾ atapun ¼.

  • Garis Mendatar

Tanda ini digunakan untuk menunjukkan pembagian jumlah dari ketukan nada.

  • Garis Miring

Garis miring pada pengertian notasi angka dalam bermusik berarti sebagai tanda naik ataupun turun sebanyak setengah dari nada asalnya. Garis miring ke kanan menunjukkan nada naik dari nada asal, sedangkan garis miring ke kiri menunjukkan nada diturunkan setengah dari nada asalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *