Mainan Anak 1 Tahun yang Sarat Unsur Edukasi

Mainan merupakan media yang tepat untuk bermain dan sarana edukasi bagi sang anak. Namun, dengan begitu banyaknya jenis mainan anak, mau tak mau para orang tua harus waspada dan selektif dalam menentukan mainan edukatif untuk anak.

Pada umumnya, memilih mainan edukasi untuk anak dikelompokan pada bahan pembuatnya, fungsinya serta mempertimbangkan kemampuan anak. Dan tentunya apa yang paling dibutuhkan oleh anak itu sendiri. Salah satu contoh untuk anak usia 1 tahun, mainan edukatif yang paling baik digunakan adalah mainan edukatif yang menekankan pada permainan kosakata, untuk anak berusia 1 tahun disarankan untuk memilih mainan edukatif yang bersifat konstruktif dan merangsang kreativitas sang anak.

Berikut pilihan rupa rupa mainan anak 1 tahun yang sarat unsur edukasi diantaranya :

  • Pertama, balok-balok susun. Contohnya seperti car block atau city block, di mana balok-balok tersebut bisa disusun menjadi aneka macam bentuk bangunan seperti gedung, jembatan atau bentuk lain sesuai keinginan sang anak. Selain melatih otak kanan yang bikin anak menjadi lebih kreatif, juga melatih otak kiri karena ia anak akan belajar mengenal bentuk dan warna. Anda bisa menanyakan apa yang dibangunnya sehingga ia akan bercerita panjang lebar. Ini juga bisa melatih kemampuan bicaranya, bukan? Selain itu, bila ia menyusun balok dengan temannya, anak pun dilatih tuk bekerjasama.
  • Kedua, mainan bongkar pasang semacam lego. Dengan mainan ini, anak bebas berkreasi menyusun dan merakitnya hingga menjadi bentuk seperti rumah, gedung bertingkat, atau bentuk lainnya seperti yang ada dalam imajinasinya. Untuk anak usia 1 tahun, sebaiknya pilih mainan yang berukuran besar. Sebab anak di usia tersebut rentan memasukan segala sesuatu yang baru dikenal atau menarik perhatiannya ke dalam mulutnya.
  • Ketiga, mainan yang terbuat dari lilin seperti play dough (malam/lilin mainan). Dengan mainan ini, anak dapat mengeksplorasi bentuk dan warna sesuai keinginannya. Orang tua dapat memberi contoh dari bentuk yang paling sederhana seperti lingkaran, bola dan sebagainya kemudian meningkat ke bentuk yang lebih kompleks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *